Jumat, 17 Februari 2012

Meraih Untung Melalui Internet

Meraih Untung Melalui Internet

Sudah banyak cerita kita dengar tentang kesuksesan seseorang melalui internet. Kesuksesan dengan melakukan penjualan barang dan jasa di internet milik sendiri maupun milik orang lain, baik itu bisnis lokal indonesia maupun bisnis lintas negara. Dengan begitu banyaknya model bisnis online yang ada, Anda tidak harus menjalankan semuanya namun pilih salah satu, jalankan, tekuni dan raih keuntungan dari bisnis online yang Anda pilih tersebut. Atau bahkan anda sudah mempunyai bisnis real yang sudah dijalankan, anda tinggal mengembangkan bisnis anda di internet sehingga mendapatkan keuntungan berlebih darinya.
Menjangkau pasar yang luas dengan harga murah, internet pilihannya. Namun, memasarkan produk melalui internet bisa membuat Anda frustasi jika tidak faham cara-caranya. Berikut saya sampaikan beberapa tip mudah-mudahan bisa membantu Anda yang saya ambil dari majalah elshinta edisi 25 November 2010 – 24 Desember 2010.
1. Tujuan. Apa Tujuan Pemasaran melalui Internet
Sebagian besar mungkin akan menjawab untuk jualan dan menghasilkan uang. Tapi maksudnya adalah apakah tujuannya untuk meningkatkan penjualan semata atau ada tujuan lain yang ingin dicapai. Misalkan meningkatkan awareness produk Anda atau untuk mengedukasi pasar atau bentuk support anda terhadap konsumen? Tetapkan terlebih dahulu tujuan yang ingin dicapai.
2. Pahami. Pahami Pasar di Internet
Amati bagaimana situasi pasar yang sedang Anda bidik. Lihat, dengarkan dan catat apa yang terjadi disana. Analisa semua informasi itu. Lalu simpulkan gejala yang mungkin muncul. Ingat, Internet adalah sebuah dunia dimana gejala dan trend muncul setiap hari.
3. Strategi. Susun Strategi Berdasarkan Tujuan dan Riset Anda
Pilih strategi yang paling mungkin dilakukan sesuai kemampuan Anda. Misalnya, gunakan fasilitas blog jika membuat website terlalu rumit. Jangan terpaku pada satu strategi, buat beberapa strategi sebagai pilihan.
4. Lakukan. Jalankan Strategi Anda
Apakah strategi itu menggunakan tool seperti blog atau lewat microblogging seperti twitter atau mungkin social network facebook. Lakukan dan jalankan strategi Anda. Satu persatu, jika Anda ingin fokus. Lalu mulailah menjalankan strategi lainnya.
5. Evaluasi. Sambil Menjalankan Strategi, Lakukan Evaluasi
Adakah kemajuan? Respon? Sudah sampai dimana Anda dari titik awal dan masih berapa jauh dari tujuan? Lakukan evaluasi dan kenali kendala-kendala yang muncul. Jangan mengeluh! Atasi kendala-kendala itu. Kenali mengapa kendala itu muncul dan cari solusinya.
Yang pasti, internet adalah sebuah dunia yang ramai. Anda harus terus menerus berusaha untuk tidak tertelan keramaian itu. Untuk itu, dibutuhkan inovasi dan kreatifitas yang tak putus. Namun, jika ada yang sukses, Anda tidak punya alasan untuk tidak ikut sukses. Lima tips di atas bisa diterapkan juga bada bisnis ABE.
Kesuksesan pak mufli pada bisnis ABE juga bisa Anda ikuti. Coba lihat pendapatan pebulannya dari bisnis ABE yang dijalankan pak mufli pada artikel bisnis ABE. Barangkali saya belum bisa mengikuti jejak pak Mufli, tapi minimal dari sebelumnya ada kemajuan. Silahkan bandingkan screen shoot dibawah dengan screen shoot sebelumnya.
Salam sukses
Arief

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger templates