Minggu, 19 Februari 2012

Inilah Pendiri Google

Inilah Pendiri Google



Google inc didirikan pada tahun 1998 oleh dua orang pemuda cerdas berusia 25 tahun asal Amerika Serikat dan Uni Soviet, ketika keduanya masih berstatus Mahasiswa.

Dia adalah
Lawrence Edward “Larry” Page dan Sergey Mikhailovich Brin


Google adalah sebuah perusahaan berstatus go public di Amerika Serikat yang berperan di Internet sebagai mesin pencari dan iklan online terbesar di dunia. Perusahaan ini berbasis di Mountain View, California, dan memiliki karyawan berjumlah 19.604 orang yang tercatat pada 30 Juni 2008 dan saat ini memiliki 200 juta order setiap harinya.

Biografi Larry Page
Nama   : Lawrence Edward “Larry” Page
TTL     : Lansing , Michigan / 26 Maret 1973
Ayah   : Carl Vincent Page
Ibu      : Gloria Page
Istri     : Lucinda Southworth
Profesi  : Pendiri, Presiden Divisi Produk, CEO Google Inc.

Lawrence Edward "Larry" Page lahir di Lansing, Michigan, pada tanggal 26 Maret 1973, saat ini menjabat sebagai presiden produksi di Google Inc.

Page adalah seorang lulusan dari East Lansing High School. Page memperoleh gelar Bachelor of Science dalam teknik komputer dari Universitas Michigan, Amerika Serikat.

Ketika menjadi seorang siswa di program Ph.D. ilmu komputer Universitas Stanford California, Page bertemu Sergey Brin pada bulan maret 1995. Pada awalnya mereka merasa saling tidak ada kecocokan. Hal ini disebabkan karena ketidakcocokan mereka terhadap setiap topik yang dibicarakan. 

Namun, pada akhirnya mereka memiliki ketertarikan yang sama yaitu ketika mereka menemukan manipulasi SEO (Search Engine Optimization) yang dilakukan oleh para webmaster. Mereka mengatasi masalah ini dengan membangun BackRub, yaitu mesin pencari sederhana yang mengandalkan perhitungan matematis untuk peringkat halaman web. Algoritma ini dinamai PageRank sesuai dengan nama penciptanya Larry page, selain Pagerank sendiri yang berarti peringkat halaman.  

Selanjutnya mereka mendirikan mesin pencari yang bernama Google, dengan memakai teknologi pagerank untuk menentukan peringkat setiap halaman pada hasil pencarian, yang mulai beroperasi pada 1998. Google didasarkan pada teknologi PageRank yang telah dipatenkan, yang mendasarkan pada struktur link-link antar situs web untuk menentukan peringkat pada situs tertentu. 

Page memimpin Google bersama dengan Brin sampai 2001, selanjutnya mereka merekrut Eric Schmidt untuk menjadi ketua umum dan CEO Google. Page sekarang memimpin Google sebagai tritunggal bersama dengan Brin dan Schmidt. 

Page diperkirakan mempunyai kekayaan bersih sebesar USD 12,8 milyar, yang membuatnya menjadi orang nomor 27 terkaya di dunia setelah Sergey Brin. Pada September 2005, Larry Page dan Sergey Brin membeli sebuah pesawat penumpang yang sangat besar Boeing 767, untuk untuk digunakan sebagai pesawat pribadi mereka. 

Biografi Sergey Brin 
Nama   : Sergey Mikhailovich Brin
TTL     : Moskow, Soviet Union / 21 Agustus 1973
Ayah    : Mikhail Brin
Ibu      : Evgenia Brin
Istri     : Anne Wojcicki
Profesi : Wakil Pendiri dan Presiden Teknologi Google

Sergey Mikhailovich Brin lahir di Moscow, Uni Soviet pada tanggal 21 Agustus 1973. Dia sekarang menjadi seorang pengusaha Amerika Serikat. Ketika di Rusia, Brin gemar mempelajari ilmu komputer dan matematika sebelum mendirikan Google dengan Larry Page. Brin menjadi presiden teknologi di Google Inc dan diperkirakan mempunyai kekayaan USD 18.7 miliar, yang membuatnya menjadi orang nomor 26 terkaya di dunia.

Sergey Mikhailovich Brin lahir dari sebuah keluarga Yahudi. Ayahnya bernama Mikhail Brin adalah seorang ahli programer komputer dan ibunya bernama Evgenia Brin adalah ahli matematika lulusan Moscow State University. 

Pada tahun 1979, ketika Brin berumur 6 tahun, keluarganya pindah ke Amerika Serikat. Di sana, Brin didaftarkan di sekolah dasar Paint Branch Montossori, Adelphi, Maryland. Ayahnya yang juga seorang profesor di departemen matematika University of Maryland, berperan besar dalam mengajari Brin pada matematika. 

Pada bulan September 1990, setelah lulus dari Eleanor Roosevelt High School, Brin diterima di University of Maryland, College Park. Di sana ia mengambil jurusan ilmu komputer dan matematika, dan berhasil mendapatkan gelar Bachelor of Science pada tahun 1993. Brin kemudian melanjutkan pendidikan ilmu komputernya di Stanford University melalui beasiswa dari National Science Foundation. Ia menerima gelar masternya pada bulan Agustus 1995, selain juga memiliki gelar MBA dari IE Business School.

Brin menunjukkan ketertarikannya pada Internet dan search engine tak lama setelah ia diterima di Universitas Stanford California. Ia menulis banyak program yang membahas tentang data mining dan pattern extraction. Ia juga menciptakan software yang dapat mengubah TEXT menjadi HTML untuk memudahkan tugas-tugasnya.

Momen terpenting Brin di Stanford University adalah ketika ia bertemu dengan Larry Page. Menurut rumor yang beredar di Google, Page dan Brin tidak saling menyukai ketika mereka pertama kali bertemu di pascasarjana ilmu komputer Standford University pada tahun 1995. 

Namun mereka akhirnya menemukan bahwa mereka memiliki ketertarikan yang sama, yaitu mencari dan menemukan informasi yang relevan dari sekumpulan data yang besar. Bersama-sama, pasangan ini kemudian menulis sebuah karya berjudul "The Anatomy of a Large Scale Hypertextual Web Search Engine" yang dianggap sebagai bibit atau cikal bakal bagi karier mereka. 

Pada bulan Mei 2007, Brin menikahi Anne Wojcicki di Kepulauan Bahama. Wojcicki adalah seorang analis bioteknologilulusan Yale University. 

Suatu ketika, ibu Brin didiagnosis menderita Penyakit Parkinson. Akhirnya demi sang ibu, pada tahun 2008 Brin menyumbangkan hartanya berupa uang dalam jumlah besar ke University of Maryland School of Medicine yang telah merawat dengan baik sang ibunda tercinta.

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger templates